Thursday, March 5, 2015

Kuliah di Korea Selatan, AYO

Kesempatan ini saya forward, tulisan dari Sumber : https://rischan.wordpress.com/kuliah-di-korea/

Alhamdulillah mirip2 dikit lah, kondisinya, hehehehehe. Iya, miripnya sama2 jenis beasiswa yang ketiga. :-)


Macam-Macam Beasiswa di Korea selatan :
1. KGSP (Korea Government Scholarship Program)
Saya sebut ini adalah beasiswa paling makmur (Beasiswa dari Pemerintah Korea), coba bayangin kayaknya perbulan itu dapet 1juta won (10 juta rupiah lah, lebih skarang won naik terhadap rupiah), udah itu ada uang buku, dan segala macem lah, ada juga uang tambahan kalau lolos TOPIK sampe level berapa atuh itu, saya gak begitu tau karena gak dapet bea ini, tapi untuk secara global saya tau soalnya roomate saya orang pakistan dapat beasiswa ini dan juga temen indonesia banyak juga yang dapet bea ini. Nah gimana caranya dan apa kelebihan dari beasiswa ini? akan saya uraikan. (Beasiswa ini pasti ada satu tahun sekali, periode pendaftaran spertinya february kayaknya, atau dipastikan googlin aj, banyak koq yang ngeshare)
Ada 2 cara untuk memperoleh beasiswa ini yaitu
  1. By university
  2. By Embassy
yang nggak ribet itu by embassy, tinggal apply ke kedubes korea di indonesia, nanti akan diseleksi berkasnya kalo lolos di panggil wawancara. yang by university itu agak ribet jadi kita apply dulu ke kampus yang kita inginkan (*lihat dulu kampunya nawarin KGSP kagak, di web kampus biasanya ada). Klo udah jelas kampus di korea yang kita tuju nawarin KGSP ya udah tinggal lihat requirements dari kampus nya aj apa syaratnya untuk mendaftar. Nah setelah kita apply ke kampus yg kita tuju itu nanti akan di seleksi oleh kampus itu, klo kita lolos nanti berkas akan di kirim ke NIIED dan akan diseleksi lagi apa itu NIIED? nah itu lembaga yang ngurusin KGSP ini. Klo kemungkinan diterimanya besar mana saya gak tau pasti,  Yang pasti nothing to lose untuk mencoba, di coba aj :) .
Kelebihan beasiswa ini :
  1. Kalau anda tertarik ambil s2 yang harusnya 2 thn klo dapat beasiswa ini harus 3 thn, yg 1 thn untuk belajar bahasa korea, dan minimal harus lolos TOPIK level 3, kalau kagak lolos akan ditambah 3 bulan/6 bulan lagi kayaknya buat belajar bahasa korea lagi terus ujian lagi, klo gak lolos kabar2nya sih dipulangkan hehe, tapi ndak tau nding. klo anda ambil PhD 3thn berarti tambah 1 thn jadi 4 thn.
  2. Enak nie, tiket berangkat dan pulang di tanggung sama beasiswa, enak kan? ya klo misal setahun mau pulkam sekali ya di tanggung sendiri, enak aja mau di tanggung pemerintah korea semua hehe :)
  3. SPP semua biaya kuliah di tanggung oleh beasiswa ini.
  4. Masalah duit gak usah di tanya deh, paling mantep deh beasiswa ini.
  5. Untuk yang lulus SMA program undergraduate juga ada, silahkan dicari di google.

2. Global IT Scholarship
Beasiswa ini biasanya tersedia di kampus2 di korea juga, beasiswa ini dari company biasanya relatif enak karena semua SPPnya udah d tanggung sama perusahaan yg ngasih kita beasiswa itu, cara daftarnya ya sama, contact aja bagian kampus korea yang kita inginkan, tanyakan beasiswa apa saja yg tersedia di situ. Nah untuk beasiswa ini biasanya kalo pas libur itu diminta sama perusahaan untuk magang di perusahaan, jadi selamat yah, tapi gak ada kontrak misal habis lulus harus kerja dulu itu gak ada.
  1. SPP dan biaya kuliah di tanggung sama beasiswa global ini.
  2. tiap bulan dikirimi duit, ya cukuplah untuk hidup. (nominalnya tanya langsung aj sama temen2 yg dapet bea ini, aq ada beberapa temen yang dapet bea ini).
3. Research Scholarship
Beasiswa professor biasanya banyak orang menyebutnya, klo beasiswa ini flexible, gak kayak yg KGSP tiap tahun cuma sekali, kapanpun bisa, nah caranya gimana? klo beasiswa ini aku tau banyak karena aku dapet bea ini hehe :)
  1. Cari kampus klo bisa gak cuman satu kampus, lihat di web kampus ada list jurusan, kemudian cari professornya, nah kelihatan gak ada prof yang sesuai dengan bidang yang kita minati kagak? klo ada tinggal email deh (cari prof sebanyak2nya email aja semuanya hehe :) ).
  2. Pas kirim email pertama jangan langsung tanya banyak, tanya 1 hal saja, Prof, ada kesempatan beasiswa di labnya ndak, aq tertarik dengan riset yang prof lakuin nie.. udah gitu aj.
  3. Nah klo profnya reply ohh.. ada nie, bisa2, baru lanjut ke perbincangan berikutnya, biasanya prof kan minta CV kemudian klo cocok CVnya kan wawancara, ya udah klo udah sreg. paling oke, kamu tinggal apply via kampus aj, nah klo udah kyk gitu udah 99,99999999999 % keterima lah. krn Prof udah setuju. Nah tinggal persyaratan kampus yang harus kita penuhi, kayak min IPK, min skor TOEFL, kemudian ada diminta untuk bikin study plan dsb. tinggal ikuti aja :)
  4. Nah ada macem2 jenis perlakuan dr beasiswa ini, misal ada yg udah langsung free tuition, alias kita kagak mikirin duit kuliah lagi, kemudian perbulan untuk hidup Prof yang ngasih, ada yang model kita tetep bayar biaya kuliah (*seperti model beasiswa sy), cuman dapet gaji dari prof per bulan juga gedhe, soalnya kan buat bayar kuliah sama hidup juga, klo persemester di sini CNU itu 3 juta won (yah 30 juta lebih lah), nah nu.. makanya klo kuliah beasiswa sendiri ya habis lah.. kecuali klo mang kaya beneran hehehe.
Kelebihan research scholarship itu kalau profnya baik dan kita juga baik, yah sering sering aja deh jalan2 ke mana mana hehe, kemaren saya juga kaget baru semester awal, eh tiba2 disuruh ke Hongkong, ya oke deh.. ini ada tulisannya silhakan klo mau baca https://rischan.wordpress.com/mbolang/hongkong/ (Jalan-Jalan Ke HONGKONG)
4. Beasiswa pemerintah Indonesia
Kayaknya ada LPDP, dikti, dsb banyak sepertinya. Kalau mau tau lebih bisa langsung ke situs LPDP aj, dari segi nominal uang lumayan banyak, cuman di kasihnya rupiah, nah klo dapat kampusnya di US yang pake dollar ya itu agak ngenes klo rupiah pas anjlok, ya sama aj klo dapet kampus di korea sekarang rupiah juga lagi lemah terhadap won hehehe :D .
yang jelas kadang klo beasiswa dari pemerintah indonesia, pengalaman dari temen kadang sering telat, jadi ya siap2 aja nombok dulu hehe, yah moga aj indonesia semakin baik #amien.

Nah itulah sklumit share mengenai beasiswa di Korea Selatan. Ada yang perlu di ketahui nih bagi adek2 semua.
Klo saran saya daftarlah KGSP, soalnya ya alasannya tadi itu jelas, dari segi finansial lebih dari cukup dan jangan salah untuk 1 tahun belajar bahasa korea itu sangat bermanfaat, wah rasanya ngiri klo lihat temen2 KGSP yang ngomong capcus pake bahasa korea. soalnya disini mayoritas orang korea mereka pakai bahasa korea, warung, toko, tulisan tulisan dimana mana bahasa korea, petunjuk tempat dsb. Nah jadi belajar bahasa itu berguna banged kawan. Makanya saya sarankan daftar KGSP yah yang jelas banyak banget saingainnya dan susah, tapi kan sekali lagi nothing to lose kan, apa salahnya mencoba? hehehe :) Cemungud ehaaahhh,,
Kemudian untuk jurusan2 yang ada labnya, kyk computer science, electro, matrial dsb, di Korea sama Jepang sih yang saya tau itu kagak ada kuliah yang course based doank setau saya, ato mungkin ada ya? tapi saya belum tau, ini saya ngomong untuk S2 ya. maksudnya course doank adalah ya kayak pas di S1 indonesia cuman kuliah aja, lha emangnya rata2 di Korea kuliahnya kayak apa? hehe..
gini disini yang penting research nya. Makanya utamanya bukan kuliah, ini saya kuliah satu minggu cuman 3 matkul tapi ngelab ya tiap hari, hari kerja, harus ke lab untuk research. Gitu……..

No comments:

Post a Comment